Informasi, berita, data spesifikasi, fitur maupun harga mobil keluaran terbaru, bisa Anda dapatkan disini.Dapatkan informasi lengkapnya di SpecMobilBaru (SMB)

Mitsubishi Mirage - Small Can be Fun





TES KONSUMSI BBM MITSUBISHI MIRAGE


Tubuh kecil bukan berarti membuat Mitsubishi Mirage tak bisa membuat sesuatu yang besar. Bermain di  kelas Small Hatchback membuat Mitsubishi Mirage harus dibekali dengan tekonologi efisiensi bahan bakar. Apalagi kebutuhannya sebagai sarana transportasi dengan medan utama rute perkotaan.






Mitsubishi Mirage dibekali dengan mesin 1.193 cc 3 silinder MIVEC dengan kode 3A92 terbilang jitu dalam meraih efisiensi bahan bakar. Salah satu kunci keberhasilannya adalah produksi torsi besar sejak dari putaran bawah. Torsi 100 Nm  / 4.000 rpm cukup untuk membawa bobot Mitsubishi Mirage yang hanya 883 kg. Sehingga dapat mencapai power to weight ratio ideal.

Teknologi MIVEC mengatur kapan bukaan katup dan tingginya (lift). Hal ini efektif menekan konsumsi bensin secara berlebihan.

Mitsubishi Mirage hanya memiliki tenaga 75 dk memang tidak terlalu spesial. Namun, aplikasi transmisi otomatis CVT INVECS III 6-speed menjadi yang pertama di kelasnya. Transmisi ini bagai mengerti kemauan si pengemudi.

Rasio puli yang besar di awal akselerasi membuatnya mudah bergerak saat kondisi "stop and go". Sedangkan rasio kecil hadir untuk membuatnya dapat berjalan sangat hemat di jalan tol saat rute luar kota.

Untuk rute dalam kota,Mitsubishi Mirage tidak perlu susah payah saat melibasnya. Hanya perlu menekan pedal gas secara halus Mitsubishi Mirage sudah melaju lincah di tengah kemacetan kota. Mitsubishi Mirage meraih angka 13,92 km/l pada rute kota berdasarkan hasil test drive team Autobild

Tantangan terbesar adalah pada saat rute luar kota. Namun perangkat transmisi CVT INVECS III 6-speed milik Mitsubishi Mirage dapat bermain cantik di rute ini. Dengan putaran mesin hanya 2,100 rpm di kecepatan 100 km/jam, Mitsubishi Mirage dapat melenggang di ruas tol Jakarta-Cikampek.

Memasuki tol Cipularang yang banyak tanjakan, Mitsubishi Mirage bekerja ekstra. Pedal gas harus diurut dan menjaga momen menanjak agat tidak kehilangan tenaga. Di arah sebaliknya yang banyak jalan menurun, saatnya memanfatkan pilihan transmisi B pada Mitsubishi Mirage untuk mengurangi kecepatan saat menurun dan memutus suplai bensin. Di rute ini, Mitsubishi Mirage menenggak Shell Super sebanyak 18,72 km/l.

Walaupun bertubuh mungil, Mitsubishi Mirage tak hanya menghasilkan sesuatu yang besar. Yang terpenting Mitsubishi Mirage dapat memberi sesuatu yang menyenangkan, melalui kehematan berkendaraannya.



Sumber: Majalah Autobild, 1-16 juli 2013, edisi 206