Informasi, berita, data spesifikasi, fitur maupun harga mobil keluaran terbaru, bisa Anda dapatkan disini.Dapatkan informasi lengkapnya di SpecMobilBaru (SMB)

Terios VS Rush







Terios dan Rush adalah salah satu produk kolaborasi pabrikan Daihatsu dan Toyota. Kolaborasi ini  - seperti halnya kolaborasi Avanza dan Xenia - dapat dilakukan karena Daihatsu Motor Company (DMC) saham mayoritasnya sudah dimiliki oleh Toyota Motor Company (TMC) atau dengan kata lain DMC merupakan anak perusahaan TMC

Awalnya, Toyota dan Daihatsu memiliki segmentasi yang berbeda. Toyota lebih populer di masyarakat Indonesia karena memang variasi produknya lebih banyak (berupa MPV, Sedan, Minibus, Truk) dan konsumen merasa lebih dimanjakan. Sedangkan Daihatsu, sebelum kolaborasi lebih dikenal sebagai mobil kompak, keluarga, dan niaga. Varian produk Daihatsu juga relatif lebih sedikit.





Sebagaimana produk kolaborasi lainnya, secara umum Terios dan Rush terlihat sama jika dilihat sekilas. Bahkan bagi orang awam, mereka bilang sama saja antara Terios dan Rush. Karena memang didesain untuk segmentasi sedikit berbeda

Walau Rush dan Terios hadir sebagai produk kolaborasi, namun pihak Toyota mengklaim target pasar untuk Rush berbeda dengan Daihatsu Terios. Toyota Rush diposisikan untuk konsumen yang mau SUV sporty, sementara Daihatsu Terios disuguhkan bagi yang menginginkan SUV keluarga.

Hal ini disampaikan Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor (TAM) Johnny Darmawan di Jakarta. Ia menuturkan meski sepintas sama, tapi Rush dan Terios sebenarnya punya peruntukan yang berbeda. "Kalau Terios untuk mereka yang menginginkan SUV keluarga karena memiliki tiga baris jok. Tetapi kalau Toyota Rush lebih ditujukan yang suka SUV sporty," tegas Johnny.

Dirinya juga menjelaskan perbedaan inilah yang membuat proses pengembangan baik Daihatsu Terios maupun Toyota Rush benar-benar berbeda. "Jadi kalau untuk New Rush dan New Terios perubahannya berbeda satu sama lain ya karena memang proses pengembangannya berjalan sendiri-sendiri sesuai dengan target pasarnya," tutup Johnny.


Terios VS Rush - Persamaan


Persamaan Terios dan Rush adalah pada frame dan basic body-nya. Semua komponen utama sasis dan outer part utama dibuat dengan mesin press yang sama dan dibuat dipabrik yang sama. Kecuali untuk Toyota Rush yang diekspor, pada beberapa bagian menggunakan material dengan spesifikasi lebih tinggi.

Terios VS Rush -Perbedaan

 

 

 

Perbedaan utama dari sisi Toyota Rush:

  • Varian menggunakan kode type G dan type S. Belakangan, versi S diganti dengan TRD Sportivo.toyota new rush 2013
  • Ekterior Rush versi standard (type G) sudah dilengkapi dengan Spion Over fender, aksesoris over fender, dan spoiler kaca belakang.
  • Eksterior Rush type S (sekarang TRD Sportivo) ditambah dengan aerokit sehingga tampak lebih gagah.
  • Kursi hanya dua baris baik type G atau type S. Hal ini memang ditujukan supaya bagasi belakang bisa menampung banyak bawaan. Jika mau ada kursi di baris ketiga, harus menambah sendiri.
  • Ban lebih lebar dengan lebar 235, menyebabkan konsumsi bahan bakar sedikit lebih boros
  • Interior Rush type S (TRD S) sudah menggunakan 2-Din, CD/DVD/MP3, AUX, dan USB. Sedang type G hanya 1-Din CD/DVD/MP3/AUX tanpa USB
  • Penggerak Spion elektrik bisa dilakukan dari dashboard, tidak hanya kaca spionnya saja.
  • Seal di pintu lebih tebal sehingga terkesan lebih senyap didalam kabin.
  • Jaminan gratis jasa servis hingga 50.000km atau 3 tahun (mana yang tercapai lebih dahulu)
  • Harga OTR mulai 205juta-an rupiah

Perbedaan utama  dari sisi Daihatsu Terios:

 



  • Varian menggunakan kode TS dan TX dimana dengan kombinasi EXTRA, Manual dan Matic dan model Adventure maka Terios 2014 total memiliki 16 variasi. Detail lengkap variasi mobil Daihatsu Terios dan harganya dapat dilihat dilink harga daihatsu terios
  • Ekterior Terios type TS velg masih standar (kaleng), body tidak dilengkapi dengan aksesoris over fender dan spoiler belakang.
  • Ekterior type TX sudah dilengkapi dengan aksesoris over fender dan spolier belakang. Sedang type TX adventure aksesoris paling lengkap sehingga tampak lebih gagah lengkap dengan body kit Adventure.
  • Kursi tiga baris pada semua varian sehingga bisa menampung orang lebih banyak. Baru ketika memerlukan bagasi luas, kursi baris ketiga dilipat kedepan.
  • Spion digerakkan secara manual , tidak bisa dari dashboard keculai type TX Adventure. Pengaturan kaca spionnya bisa dilakukan dari dahsboard.
  • Ban sedikit lebih ramping, dengan ukuran lebar 215
  • Audio panel hanya bisa Radio, CD/DVD/MP3, AUX pada type TS dan TX. Pada TX Adventure sudah dilengkapi dengan Multi Information Display dilengkapi dengan port USB
  • Seal di pintu tidak setebal Rush sehingga terkesan kurang senyap di dalam kabin.
  • Jaminan gratis jasa servis hanya pada servis pertama (1000 km)
  • Harga OTR mulai Rp. 178.250.000,00 (juli 2014)

 

Kesimpulan Terios VS Rush

 

Baik Daihatsu Terios maupun Toyota Rush, masing-masing punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jika anda menghitung nilai ekonomis dan kapasitas penumpang, maka Daihatsu Terios lebih cocok. Namun jika anda menginginkan kenyamanan maka Toyota Rush adalah pilihan yang tepat