Informasi, berita, data spesifikasi, fitur maupun harga mobil keluaran terbaru, bisa Anda dapatkan disini.Dapatkan informasi lengkapnya di SpecMobilBaru (SMB)

Tips Redam Suara di Kabin Mitsubishi Mirage





Salah satu kekurangan MAJOR menurut sebagian besar pemilik Mitsubishi Mirage adalah tidak kedap nya suara yang masuk ke kabin. Suara kerikil di daerah kolong ban, suara hujan yang menyentuh atap atau suara kendaraan lain yang lalu lalang, kedengar dengan jelas di dalam kabin Mitsubishi Mirage

Untuk menekan biaya produksi, MOBIL-MOBIL BARU saat ini (termasuk Mitsubishi Mirage) mengesampingkan sistem peredam suara sehingga suara bising dari luar masuk dengan mudah dan terdengar jelas ke kabin mobil

Sebagai contoh apabila Anda mencopot jok kursi belakang Mitsubishi Mirage (caranya sangat gampang, anda hanya perlu menarik jok kursi belakang ke atas, usahakan menariknya dekat dengan posisi klip warna kuning) maka anda akan melihat body mitsubishi mirage dibawahnya tanpa proteksi peredam apapun.

mitsubishi mirage tanpa lantai peredam





Sebelum memasang peredam suara di mobil Mitsubishi Mirage anda, kita perlu mengetahui dahulu sumber kebisingannya. Suara bising pada mobil ada 2, yaitu internal dan eksternal. Sumber bising internal ditimbulkan oleh mobil itu sendiri. Spt suara mesin, putaran ban (road noise) ketika mobil dipacu, dan lain-lain. Sumber bising eksternal ditimbulkan oleh sekitar mobil seperti suara kendaraan yang lalu lalang di sekitar mobil kita.

Sumber Bising Internal dan Solusinya


Untuk sumber bising internal, solusi tepat adalah dengan memasang peredam pada bagian kolong (untuk sumber bising akibat road noise) atau bagian depan untuk sumber bising dari mesin. Peredamnya bisa menggunakan peredam semprot (untuk sumber bising road noise) atau bisa berupa peredam tempel (sumber bising road noise dan mesin).

Efek yang paling besar dirasakan memakai peredam tempel atau semport adalah kurangnya suara road noise dan suara mesin yg masuk ke mobil serta suara hujan yang lebih lebih halus (bila memasang peredam tempel di atap).

Salah satu merek  peredam tempel yang terkenal adalah Automat. AUTOMAT adalah karpet tipis yang sangat fleksibel, mudah dipotong & dibentuk yang berfungsi mengurangi / menghentikan suara bising disebabkan oleh resonansi & getaran dengan menggunakan campuran bahann "visco elastic"yang merubah suara bising menjadi senyap.

Contoh aplikasi peredam tempel automat di lantai mitsubishi mirage

Keunggulan peredam tempel Automat

1. Fleksibel: Mudah Mengikuti Bentuk Permukaan
2. No Memory: Sesudah Dibentuk, Karpet Tidak Bangun Lagi
3. Ulet: Tidak Mudah Patah (Elastis)
4. Lem Sangat Kuat, Tidak Perlu Cemas Akan Lepas
5. Kualitas Bersaing, Bahkan Lebih Baik Dari Barang Impor Sejenis
6. Harga Ekonomis & Terjangkau

Apabila anda berminat memasang peredam  tempel sendiri, anda dapat membaca caranya di sharing pribadi salah satu anggota IMEC di Kaskus di link berikut:

http://www.kaskus.co.id/thread/50efd08c7d1243aa1c000013/imec-kaskus-indonesia-mirage-club-kaskus/366

Sumber Bising Eksternal dan Solusinya

Suara bising eksternal masuk melalui celah pintu. Inilah fungsi karet pintu pada mobil yaitu menahan masuknya air dan menahan rambatan suara dr luar (eksternal).

Secara umum karet yang terpasang di mobil sebagai berikut:
  1. Karet balon pintu yaitu yang terpasang di daun pintu dan hampir semua mobil punya karet balon jenis ini
  2. Karet body, yaitu karet yang terpasang di body mobil. Terdiri atas karet body dengan balon atau karet body jepit (non balon)
Karet di mobil Mitsubishi Mirage terdiri atas karet balon di keempat pintu, karet body balon untuk  body dibaris depan dan karet body jepit di baris belakang

karet balon pintu mitsubishi mirage - tips redam suara mitsubishi mirage
Karet balon pintu - Tidak berisi (kosong) - Mitsubishi Mirage

Karet pintu jepit mitsubishi mirage - tips redam bising mitsubishi mirage
Karet body jepit dibaris belakang - Mitsubishi Mirage

Suara bising motor dan kendaraan lain bisa masuk dengan mudah disebabkan karena tidak rapatnya karet balon pintu menempel pada plat body saat pintu tertutup (ada celah angin).

Untuk mengurangi bising eksternal dapat menggunakan karet O. Karet O di desain khusus untuk mengisi balon yang ada pada karet pintu dan karet body. Ukuran dan keempukannya didesign agar tdk membuat pintu susah ditutup namun manfaatnya tetap terasa.

karet O tipe 1 - Tips Redam bising mitsubishi mirage
Karet O Penuh Tipe 1

karet O tipe 2 - Tips Redam bising mitsubishi mirage

Note : Beda kedua tipe karet O diatas adalah kepadatan dari karet tersebut.

Estimasi Biaya Material Peredam Suara


Setelah anda mengetahui jenis sumber suara bising dan solusi jitunya, anda dapat menentukan prioritas dalam meredam suara bising di mitsubishi mirage anda yang disesuaikan dengan budget yang anda punya

Perkiraan biaya material masing-masing peredam sebagai berikut:

1. Peredam suara bising internal

Peredam Tempel.

Apabila anda menggunakan peredam tempel Automat (ukuran 75 x 50 cm)  maka untuk lantai Mitsubishi Mirage membutuhkan sekitar 12 lembar, atap/plafon atas mitsubishi mirage membutuhkan sekitar 8 lembar.
Harga peredam tempel Automat ukuran tebal 2 mm adalah Rp.59.000 sedangkan tebal 3 mm adalah Rp. 60.000

Contoh pemasangan peredam tempel di lantai mitsubishi mirage
Contoh pemasangan peredam tempel di lantai mitsubishi mirage
Apabila anda tertarik membeli peredam automat, dapat dilihat di link kaskus ini

2. Peredam suara bising eksternal

Untuk mobil mitsubishi mirage, anda cukup membeli karet O tipe 2. Panjang karet yang dibutuhkan adalah 16 m untuk 4 karet balon pintu, 4 meter untuk karet balon bagasi, 7 meter untuk karet balon body baris depan (total 27 meter). Fungsi utama karet ini adalah meningkatkan kesenyapan kabin Mitusbishi Mirage.

Harga karet O tipe 2 per meter : Rp.27.000, sehingga total dibutuhkan : Rp. 729.000

Anda dapat menambahkan karet balon bliah/sirip sepanjang 3 meter untuk sisi kanan dan kiri body baris belakang dengan fungsi utama agar bantingan pintu lebih empuk.

karet balon bliah/sirip baris belakang mitsubishi mirage
karet balon bliah/sirip baris belakang mitsubishi mirage

Harga karet balon bliah/sirip per meter : Rp. 48.000, sehingga total : Rp. 144.000

Apabila anda tertarik dengan karet peredam ini, anda dapat membelinya di kaskus di link ini