Informasi, berita, data spesifikasi, fitur maupun harga mobil keluaran terbaru, bisa Anda dapatkan disini.Dapatkan informasi lengkapnya di SpecMobilBaru (SMB)

Cara Menghilangkan Baret pada Mobil

bagus raven





Merawat cat mobil itu gampang-gampang susah. Pasti ada perasaan ga rela apabila mobil kesayangannya baret terutama karena faktor eksternal bukan karena kesengajaan atau kecorobohan kita.

Baret, walaupun kecil tapi bagi beberapa orang bisa membuat tidak bisa tidur. Banyak cara menghilangkan baret pada mobil yang dapat anda temukan diberbagai media. Salah satunya baret bisa dihilangkan dengan cara  pemolesan. Akan tetapi, tahukah anda memoles mobil dengan bahan abrasif maka cara kerja nya menghilangkan baret adalah dengan mengkikis cat mobil anda?






Pada umumnya, cat mobil terdiri dari 3 lapisan yang terdiri atas:

  1. Lapisan pertama yang disemprotkan langsung di atas body mobil yang dikenal dengan primer / prime coat / cat dasar.
  2. Lapisan kedua lapisan diatas primer yang dikenal dengan base coat, yaitu cat mobil dengan warna yang berbeda-bedaa sesuai spek dari mobil tersebut (warna cat yang kita lihat di mobil merupakan warna base coat).
  3. Lapisan ketiga dan terluar adalah clear coat, yang memberikan kesan mengkilap pada cat mobil , terutama yang mobilnya berwarna cat metalik.


Pada gambar diatas bisa dibandingkan permukaan mobil baru adalah kinclong tanpa ada baret dan mulus seperti permukaan air. Maka dari itu timbul kesan mengkilap kinclong pada mobil baru.


Gambar diatas adalah tipe-tipe baret pada cat mobil.

Yang paling ringan adalah baret yang hanya menggores bagian clear coat. Biasanya juga disebabkan oleh hal-hal ringan seperti tergores kuku, tergesek debu pada saat cuci mobil, tergesek bulu kemoceng, dll.

Baret tipe kedua adalah baret yang lebih dalam hingga tembus kena ke base coat atau malah bisa sampai ke lapisan clear coat. Biasanya disebabkan karena srempetan, atau di baret oleh orang sirik menggunakan benda keras.

Baret tipe ketiga adalah baret yang tembus hingga kena metal / besi body kendaraan. Biasanya disebabkan oleh srempetan yang keras, tabrakan, atau dibaret oleh orang sirik menggunakan benda tajam seperti ujung runcing paku besi. Tipe baret ini yang berbahaya karena membuat besi body mobil terpapar dengan udara dan air. Gabungan antara besi + udara + air adalah KARAT.

Kalau ada baret yang sampai kelihatan bodynya tidak ada cara lain, harus segera di tutup baret nya. Bisa dengan dibawa ke bengkel body atau sementara ditutup dengan cat menggunakan kuas kecil.


Ilustrasi diatas menunjukan baret halus yang dikikis menggunakan bahan abrasif. Memang baret halus nya hilang, tapi sekaligus juga menipiskan cat clear coat yang ada di daerah tersebut.

Bila baret nya sudah sampai ke base coat harus hati-hati menggosok bahan abrasif tersebut.
Karena cat base coat rata-rata berwarna doff atau tidak mengkilap. Bila kita gosok sampai benar-benar menghabiskan lapisan clear coat nya, maka bisa makin amburadul cat nya, karena nanti yang terlihat malah lapisan base coat yang berwarna doff sehingga terlihat kontras dengan sekeliling nya yang masih memiliki clear coat / mengkilap.


Jadi, bijaksanalah dalam menggunakan bahan abrasif sebagai cara menghilangkan baret pada mobil anda dan membuat mobil anda kembali kinclong, karena bisa-bisa cat mobil anda menjadi tidak bagus lagi bila kasusnya seperti ilustrasi di atas