Informasi, berita, data spesifikasi, fitur maupun harga mobil keluaran terbaru, bisa Anda dapatkan disini.Dapatkan informasi lengkapnya di SpecMobilBaru (SMB)

Test Drive Mitsubishi Mirage







Sumber Artikel : Evolution Magazine 8 ( Edisi Oktober - Desember 2012)

Mitsubishi Mirage adalah city car, yang diandalkan sebagai produk global dengan tingkat efisiensi bahan bakar tinggi dan harga terjangkau untuk entry level. Berdasarkan pengujian di Thailand, Mirage klaim mempunyai konsumsi bahan bakar satu liter untuk 21 km.
Mirage sendiri berasal dari kata Le Mirage. Dalam bahasa Perancis, artinya impian yang akhirnya terwujud. Mirage adalah mimpi besar Mitsubishi terhadap sebuah city car berkarakter Mitsubishi, yakni berkemampuan seperti mobil reli yang andal dan gesit. Karakter Mitsubishi dalam versi mini inilah yang berhasil diwujudkan dengan Mirage. 





Merayakan mimpi yang terwujud ini, PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), agen pemegang merek Mitsubishi di Indonesia, mengajak sekitar 25 media untuk melihat langsung pabrik produksi Mirage di Laemchabang, Thailand, 9-12 September lalu. Pabrik baru dengan kapasitas 150 ribu unit ini dibangun dengan investasi 27 miliar yen. Tak heran, bila pabrik ini sangat modern, beberapa bagian seperti stamping line dan painting line, menggunakan robot-robot sehingga kualitas produksi Mirage tinggi. 

Setelah melihat pabriknya, rekan media termasuk penulis berkesempatan menjajal Mirage di sirkuit Bonanza Speedway di Khao Yai, yang berjarak tiga jam perjalanan dari Bangkok. Sepintas kawasan ini mirip Lembang, Jawa Barat

Di sirkuit sepanjang 2,8 km ini, jalur lurusnya disiapkan tes slalom dan akselerasi. Pihak pengelola sirkuit menegaskan bahwa ini bukan tes adu cepat, tetapi tes handling dan akselerasi. Maka kecepatan mobil pun dibatasi maksimal 60 km per jam. Pihak panitia menyiapkan lima unit Mirage dari dua varian, yakni GLX transmisi manual (dua unit) dan GLS Limited transmisi otomatis (tiga unit). Pada kesempatan pertama, redaksi bersama seorang jurnalis mencoba Mirage GLX warna kuning. Kualitas interior varian ini cukup baik dengan head unit yang menyatu panel dash board. Kualitas jok juga cukup nyaman sehingga posisi mengemudi yang pas mudah dicapai. Visibilitas Mirage juga baik

Tak jauh dari titik start, tes slalom sudah menanti Mirage, yang dibanderol mulai Rp. 139 juta di Indonesia. Transmisi manualnya enak dioperasikan, sehingga menempuh 60 km per jam sangat mudah. Setir Mirage yang ringan dan nyaman sangat membantu melewati tes slalom ini. Mirage juga mudah dikendalikan dan cukup stabil.

Setelah tes slalom, Mirage diuji untuk melahap beberapa tikungan di Sirkuit Bonanza yang bervariasi, mulai dari sudut sempit, lebar, hingga 180 derajat. Dengan kondisi sirkuit yang tidak flat, kadang menanjak atau menurun, kemampuan Mirage benar-benar diuji hingga akhir. Akselerasi Mirage juga cukup baik untuk bermanuver menaklukkan tikungan tersebut. Dengan karakter mesin Mitsubishi Mirage mampu melahap semua tes itu dengan mulus.

Tak puas dengan versi manual, redaksi pun mencoba versi matik. Dibandingkan versi manual, versi matik ini terasa lebih kurang tenaganya. Tapi tak perlu khawatir terhadap kemampuan Mirage menaklukkan tikungan tikungan yang bervariasi di Bonanza Sirkuit. Dengan teknologi CVT, Mirage versi matik cukup nyaman, meski terasa ada sedikit lag saat perpindahan gigi. Sekitar hampir dua jam kami memeras kemampuan Mirage di sirkuit sepanjang 2,8 km ini. Meski berada di kawasan pegunungan, suhu di sirkuit sangat panas hingga mencapai 40 derajat celcius.

Test Drive Jakarta

Tak puas dengan tes di sirkuit Bonanza, Thailand, pihak Mirage. Di Indonesia, Mirage dipasarkan dalam tiga varian, yakni Exceed dan GLS (keduanya bertransmisi otomatis CVT), serta GLX (manual 5 speed). Ketiga varian ini dipasarkan mulai Rp. 139 juta hingga Rp. 165 juta (on the road).

Test drive di jalanan Jakarta ini sangat menarik. Sebagai city car, Mirage ditantang untuk bisa menjadi jawaban terhadap kebutuhan mobil kecil yang bisa diandalkan dengan kondisi jalan ibu kota yang cenderung macet, serta stop and go.

Bergerak dari markas besar KTB di Pulo Mas, Jakarta Timur, tersedia sekitar 14 Mirage dalam semua varian dan warna. Penulis mendapat Mirage GLS warna kuning. Bertajuk Rainbow Fun Driving, para jurnalis harus menemukan pos pertama dari petunjuk terbatas dari panitia.

Ternyata Pos pertama adalah pom bensin di Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan. Kondisi lalu lintas dari Pulo Mas-Kuningan yang cenderung macet benar-benar menguji Mirage, terutama kemampuan menyalip dan berakselerasi.

Pos kedua adalah Taman Menteng. Sayangnya di dekat pos pertama, banyak aksi demo sehingga jalan di kawasan Kuningan menjadi macet sekali. Rute menuju pos kedua yang mestinya singkat pun menjadi berantakan. Namun di sinilah serunya. Beberapa peserta mulai mencari jalan alternatif menuju pos Taman Menteng. Persaingan pun terjadi. Aksi salip antar peserta sering terjadi.

Dengan mesin 1.193 cc dan transmisi CVT, Mirage punya kekuatan untuk itu. Bertenaga 77 ps di 6.000 rpm dan torsi 100 Nm di 4.000 rpm, Mirage lincah diajak bermanuver. Dimensinya juga kompak dengan wheelbase 2.450 mm. Setir ringan dengan teknologi EPS membuat Mirage semakin mudah dikendalikan.

Dari pos Taman Menteng, peserta harus menuju pos booth KTB dalam event IIMS di kawasan Kemayoran, Jakarta Pusat. Setelah berfoto dengan Mirage di booth KTB, peserta menuju pos keempat di kawasan SCBD, Sudirman, Jakarta Pusat, sebelum pos akhir di mal Senayan City.

Menggunakan suspensi MacPherson strut di depan dan torsion beam di belakang, Mirage cukup empuk melibas jalanan ibu kota yang cenderung bergelombang dan berlubang. Namun untuk kondisi jalan yang rusak, Anda perlu hati-hati karena factor ground clearance. Kabin Mirage cukup baik meredam suara dari luar. Dengan sistem audio yang mendukung USB port, Anda bisa menikmati lagu favorit Anda dengan nyaman.

Dengan fitur Multi Information Display (MID), Anda juga dapat informasi berkendara seperti jarak tempuh, potensi jarak tempuh dan rata-rata konsumsi bahan bakar. Dari jok belakang, Mirage cukup nyaman karena leg room-nya panjang dengan 1.650 mm dan headroom yang besar.So, It’s really fun with Mirage today!


Informasi simulasi kredit dan diskon akhir tahun untuk Mitsubishi Mirage, dapat anda temukan disini

http://specmobilbaru.blogspot.com/2013/10/harga-mitsubishi-mirage.html